Strategi Active Knowledge Sharing untuk Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi dan Hasil Belajar IPA Kelas VIII D

Authors

  • Anisa Indah Pratiwi PPG Prajabatan IPA, Universitas Negeri Semarang
  • Tintin Rednoningsih SMP Negeri 4 Semarang
  • Sri Sukaesih Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing, Keterampilan Berkomunikasi dan Hasil Belajar.

Abstract

Proses pembelajaran IPA dikondisikan agar lebih menyenangkan melalui penggunaan model pembelajaran yang tepat dan dapat membangkitkan keterampilan berkomunikasi siswa, karena pembelajaran IPA di SMPN 4 Semarang, umumnya guru lebih mendominasikan proses belajar mengajar dengan satu atau dua metode. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembelajaran IPA dengan menggunakan keterampilan berkomunikasi dan hasil belajar IPA siswa kelas VIIID SMPN 4 Semarang Tahun Pelajaran 2023/2024. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pendekatan penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Rancangan penelitian ini terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIID SMPN 4 Semarang Tahun Pelajaran 2023/2024. Hasil penelitian menunjukan bahwa data observasi keterlaksanaan pembelajaran pada siklus I sebesar 57% kategori cukup dan pada siklus II sebesar 72% kategori baik. Sedangkan pada keterampilan berkomunikasi siswa hasil persentase pada siklus I sebesar 45,4% kategori kurang terampil dan pada siklus II meningkat menjadi 60,6% kategori cukup terampil. Sedangkan untuk hasil belajar siswa nilai rata-rata pada siklus I 60 dengan persentase 67,5%, setelah diadakan siklus II nilai rata-ratanya meningkat menjadi 70 dengan persentase 88%. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing dapat meningkatkan keterampilan berkomunikasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas VIIID SMPN 4 Semarang Tahun Pelajaran 2023/2024.

Downloads

Published

2024-05-07

Issue

Section

Articles