Peningkatan Keaktifan Peserta Didik Melalui Media Wordwall dengan Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) Pada Pembelajaran IPA
Keywords:
Keaktifan belajar, TaRL, Wordwall.Abstract
Pendidikan merupakan proses pengembangan pengetahuan, keterampilan, dan sikap melalui inetraksi antara guru dan peserta didik. Tetapi efektivitas pendidikan juga melibatkan keaktifan belajar siswa dan tidak bergantung pada upaya guru saja. Dalam pembelajaran IPA sering kali ditemukan peserta didik yang tidak aktif dalam mengikuti pembelajaran. Ketika guru memberikan pertanyaan, kebanyakan peserta didik tidak merespon karena tidak paham dengan materi yang diajarkan. Sehingga perlu diterapkan metode dan media pembelajaran yang dapat menarik keaktifan peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan keaktifan peserta didik melalui media wordwall dengan pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) pada pembelajaran IPA. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII F SMP N 42 Semarang yang berjumlah 33 peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Data dikumpulkan melalui observasi kemudian data dianalisis menggunakan teknik deskriptif dengan presentase dan didasarkan pada refleksi tiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan peserta didik mengalami peningkatan dari pra siklus hingga siklus II. Pra siklus sebesar 50%, siklus I 64,9%, dan siklus II 83,7%, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) dan media pembelajaran wordwall dapat meningkatkan keaktifan peserta didik dan memenuhi target pencapaian yaitu lebih dari 75%.