Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik dengan Penerapan Model Discovery Learning di SMP N 4 Semarang

Authors

  • Annisa Aulia PPG Prajabatan IPA, Universitas Negeri Semarang
  • Tintin Rednoningsih SMP Negeri 4 Semarang
  • Sri Sukaesih Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Keaktifan; model discovery learning; pembelajaran.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena kurang aktifnya peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keaktifan belajar peserta didik dalam proses pembelajaran di kelas dengan menggunakan model Discovery Learning. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII E SMP N 4 Semarang dengan jumlah peserta didik sebanyak 33. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi keaktifan belajar. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis deskriptif kualitatif dengan presentase. Indikator keberhasilan penelitian ini yaitu adanya peningkatan nilai keaktifan belajar peserta didik pada setiap siklusnya dalam 6 kriteria. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa keaktifan belajar peserta didik berada dalam kriteria tinggi dengan presentase 79% sedangkan pada siklus II keaktifan belajar peserta didik berada dalam kriteria sangat tinggi dengan presentase sebesar 92%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Discovery Learning dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik kelas VIII E SMP Negeri 4 Semarang. Untuk penelitian selanjutnya dapat dikembangkan lebih lanjut melalui penerapan model pembelajaran lainnya seperti, Problem Based Learning, Project Based Learning, dan penambahan media pembelajaran, serta dengan indikator yang akan dikaji seperti motivasi belajar, prestasi belajar, dan partisipasi belajar.

Downloads

Published

2024-05-07

Issue

Section

Articles