Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas VIII G di SMP Negeri 3 Semarang
Keywords:
Hasil Belajar; IPA;Model Problem Based Learning.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik pada pelajaran IPA materi struktur bumi dan perkembangannya kelas VIII semester 2 dengan menggunakan model problem based learning (PBL). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII G SMPN 3 Semarang semester genap tahun pelajaran 2024/2025 yang berjumlah 32 peserta didik. Pengambilan data dilakukan dengan tes hasil belajar dan observasi. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Dari hasil analisis didapatkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu, sikus I (80%) dan siklus II (91%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan model problem based learning dapat berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik kelas VIII pada materi struktur bumi dan perkembangannya di SMP Negeri 3 Semarang.