Penerapan Model Pembelajaran PBL Berbantuan Phet untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa Kelas VIII E di SMP Negeri 11 Semarang

Authors

  • Elang Fatahillah Universitas Negeri Semarang
  • Risa Dwita Hardianti Universitas Negeri Semarang
  • Heru Damayanti SMP Negeri 11 Semarang
  • Etik Zusnaningsih SMP Negeri 11 Semarang

Keywords:

Kolaborasi, PBL, PhET.

Abstract

Mengetahui peningkatan keterampilan kolaborasi siswa melalui penerapan model pembelajaran PBL berbantuan PhET pada mata Pelajaran IPA merupakan tujuan dari penelitian ini. Penelitian tindakan kelas merupakan jenis penelitian yang dilakukan pada penelitian ini. Hasil observasi siklus 1 menunjukkan nilai keterampilan kolaborasi siswa 78,23 yang termasuk dalam kriteria kolaboratif. Hasil observasi siklus 2 menunjukkan nilai keterampilan kolaborasi siswa 82,69 yang termasuk dalam kriteria sangat kolaboratif. Hasil angket siklus 1 menunjukkan nilai keterampilan kolaborasi siswa 86,06 yang termasuk dalam kriteria sangat kolaboratif. Hasil angket siklus 2 menunjukkan nilai keterampilan kolaborasi siswa 86,25 yang termasuk dalam kriteria sangat kolaboratif. Berdasarkan hasil uji N-gain observasi siklus 1 dan siklus 2 diketahui bahwa nilai keterampilan kolaborasi siswa mendapat nilai rata-rata 20,5% yang termasuk dalam kriteria rendah. Berdasarkan hasil uji N-gain angket siklus 1 dan siklus 2 diketahui bahwa nilai keterampilan kolaborasi siswa mendapat nilai rata-rata 1,4% yang termasuk dalam kriteria rendah. Ditemukan juga beberapa kendala seperti ketidaksiapan siswa dan kesalahan pemahaman instruksi pada lembar kerja. Saran yang diberikan oleh peneliti berdasarkan hasil simpulan adalah pada saat mengimplementasikan model pembelajaran PBL disarankan memberikan instruksi agar siswa mempelajari topik yang akan dipelajari sebelum pelaksanaan kegiatan pembelajaran. Pada lembar kerja dapat diberikan gambar panduan untuk melaksanakan kegiatan simulasi menggunakan laboratorium virtual PhET.

Downloads

Published

2024-05-08

Issue

Section

Articles