Peningkatan Keterampilan Kolaborasi melalui Pembelajaran Berbasis Praktikum pada Peserta Didik Kelas VIII B SMP Negeri 21 Semarang

Authors

  • Ista Anifa Adlaa PPG Prajabatan IPA, Universitas Negeri Semarang
  • Rachayuni Rachayuni SMP Negeri 21 Semarang
  • Andin Irsadi Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Keterampilan Kolaborasi; Peserta Didik; Praktikum.

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi melalui pembelajaran berbasis praktikum. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII B SMP Negeri 21 Semarang tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 34 peserta didik. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari 4 tahap dalam setiap siklus, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu metode observasi. Metode observasi digunakan untuk mengamati keterampilan kolaborasi peserta didik. Adapun teknik analisis datanya menggunakan teknik analisis data secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pra siklus diperoleh hasil rata-rata keterampilan kolaborasi peserta didik sebesar 48,16% dengan kategori kurang, kemudian pada siklus I sebesar 65,63% dengan kategori cukup, dan pada siklus II sebesar 79,23% dengan kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis praktikum dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi pada peserta didik kelas VIII B di SMP Negeri 21 Semarang.

Downloads

Published

2024-05-11

Issue

Section

Articles