Penerapan Model Student Team Achievement Division untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik di SMP Negeri 14 Semarang
Keywords:
Hasil belajar kognitif; Nilai; STAD.Abstract
Penerapan Model Student Team Achievement Division (STAD) di SMP Negeri 14 Semarang bertujuan untuk mengetahui peningkatan dari hasil belajar kognitif peserta didik melalui pembelajaran kooperatif pada materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan tes di kelas VIIB dengan melibatkan 34 peserta didik. Perolehan data didapatkan dari nilai pra-siklus, siklus 1 dan siklus 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model STAD berhasil meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik dari siklus pertama ke siklus kedua. Analisa N-Gain menunjukkan peningkatan 0,01 dimana siklus 1 sebesar 0,71 dengan kriteria tinggi dan pada siklus kedua dengan nilai 0,74 dengan kriteria tinggi pula. Peningkatan yang signifikan ini mampu mencukupi dan memastikan bahwa peserta didik memenuhi standar kelulusan sekolah yaitu nilai 80. Penelitian ini memberikan implikasi praktis bagi pendidik untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif dalam upaya meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik di sekolah menengah.