Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Menggunakan Model TGT Kelas VIII di SMP Negeri 25 Semarang

Authors

  • Meilinda Nikmah Widiastuty Universitas Negeri Semarang
  • Widajati Widajati SMP Negeri 25 Semarang
  • Harjono Harjono Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Motivasi Belajar, Pelajaran IPA, Team Games Tournament.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif Team Game Turnamen dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA kelas VIII di SMP Negeri 25 Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan model pembelajaran TGT dengan 5 tahapan yaitu tahap penyajian kelas (class presentation), belajar dalam kelompok (teams), permainan (games), pertandingan (tournament), dan perhargaan kelompok (team recognition). Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 25 Semarang dengan subjek penelitian adalah 34 peserta didik pada kelas VIII H. Metode pengumpulan data menggunakan angket motivasi belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model pembelajaran TGT dapat mempengaruhi motivasi belajar peserta didik dimana pada siklus 1 dan siklus 2 ada peningkatan motivasi belajar yang dapat dilihat berdasarkan hasil pengisian angket yaitu pada siklus 1 motivasi belajar peserta didik di kelas VIII H untuk kategori sangat rendah 0%, rendah 0%, tinggi 53%, dan sangat tinggi 47%. Sedangkan pada siklus 2 ada perbedaan yaitu untuk kategori sangat rendah 0%, rendah 0%, tinggi 24% dan sangat tinggi 76%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model TGT dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi unsur, senyawa dan campuran di kelas VIII H SMP Negeri 25 Semarang.

Downloads

Published

2024-05-11

Issue

Section

Articles