Peningkatan Keterampilan Komunikasi Peserta Didik Kelas VIII H SMP Negeri 16 Semarang Tahun Ajaran 2023/2024 pada Materi Cahaya melalui Metode Game
Keywords:
Cahaya; Game; Keterampilan Komunikasi.Abstract
Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian tindakan kelas yang memiliki tujuan mengetahui pengaruh penerapan metode game terhadap peningkatan keterampilan komunikasi peserta didik pada materi cahaya. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII H SMP Negeri 16 Semarang pada semester genap tahun ajaran 2023/2024 dengan jumlah peserta didik 33 orang Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Metode pengumpulan data pada penelitian ini, yaitu metode wawancara, dokumentasi, dan observasi. Adapun teknik analisis data menggunakan teknik analisis data secara kuantitatif dan kualitatif dengan indikator keberhasilan penelitian ini adalah peningkatan rata-rata keterampilan komunikasi peserta didik pada setiap siklusnya. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata indikator keterampilan komunikasi peserta didik pada pra siklus sebesar 43,94%, dengan kategori tidak baik, kemudian pada siklus I sebesar 55,30% dengan kategori cukup baik, dan pada siklus II sebesar 69,13% dengan kategori baik. Hal ini menunjukkan bahwa metode game dapat meningkatkan keterampilan komunikasi peserta didik