Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik Kelas VII SMPN 40 Semarang

Authors

  • Siti Nur Hidayah Universitas Negeri Semarang
  • Toetik Ismiati SMP Negeri 40 Semarang
  • Murbangun Nuswowati Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Ilmu pengetahuan alam, Kreativitas, Project Based Learning.

Abstract

Penelitian tindakan kelas dilakukan dalam dua siklus di kelas VII-H SMP Negeri 40 Semarang, dengan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan, berlangsung dari tanggal 4 Maret 2024 hingga 25 Maret 2024, sesuai dengan jadwal pelajaran IPA pada hari Senin dan Rabu. Model pembelajaran yang diterapkan adalah Project Based Learning (PjBL). Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam kreativitas belajar peserta didik dari pra siklus, siklus I, hingga siklus II. Pada pra siklus, rata-rata presentase hasil kreativitas peserta didik tergolong rendah, yakni di bawah 50,01%. Namun, setelah penerapan PjBL, kreativitas meningkat secara bertahap. Pada siklus I, kreativitas mencapai rata-rata 66,36%, dengan beberapa indikator kreativitas mengalami peningkatan yang signifikan seperti elaborasi, kelancaran, keaslian, dan keluwesan. Kemudian, pada siklus II, kreativitas mencapai rata-rata 87,12%, dengan sebagian besar siswa mencapai kategori sangat kreatif dan kreatif. Dengan demikian, model PjBL efektif meningkatkan kreativitas belajar siswa dalam konteks pembelajaran IPA.

Downloads

Published

2024-05-12

Issue

Section

Articles