Peningkatan Keterampilan Komunikasi dan Motivasi Belajar Siswa Melalui Game Based Learning Berbantuan Media Quizizz pada Pembelajaran IPA

Authors

  • Arik Pujiyanti PPG Prajabatan IPA, Universitas Negeri Semarang
  • Supeni Supeni SMP Negeri 4 Semarang
  • Sri Sukaesih Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Keterampilan komunikasi, Motivasi belajar, Pembelajaran IPA, Quizizz.

Abstract

Perkembangan teknologi memiliki peran penting dalam bidang pendidikan, sehingga memberikan dampak positif bagi siswa. Penggunaan teknologi sesuai dengan abad 21 memiliki banyak media khususnya untuk menunjang kegiatan pembelajaran, salah satunya media quizizz yang dijadikan sebagai game selama kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan komunikasi dan motivasi belajar siswa melalui game based learning berbantuan media quizizz. Metode penelitian ini yaitu PTK kolaborasi atau collaborative action research. Tahapan dari penelitian ini yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di kelas VII A berjumlah 34 siswa yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Hasil dari penelitian ini menunjukkan, bahwa keterampilan komunikasi siswa dalam mengikuti pembelajaran IPA pada prasiklus diperoleh 69%, siklus I diperoleh 79%, dan siklus II diperoleh 84% siswa yang aktif dalam berkomunikasi. Sementara motivasi belajar siswa pada prasiklus diperoleh 80%, siklus I diperoleh 81%, dan siklus II diperoleh 85% yang termotivasi mengikuti pembelajaran IPA. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa keterampilan komunikasi dan motivasi belajar siswa melalui game based learning berbantuan media quizizz pada pembelajaran IPA dari prasiklus hingga siklus II mengalami peningkatan. Harapan dilakukan kegiatan PTK ini, agar guru dalam melaksanakan pembelajaran tetap memperhatikan keterampilan komunikasi dan motivasi belajar siswa.

Downloads

Published

2024-05-07

Issue

Section

Articles