Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dengan Model Pembelajaran PjBL Di Kelas VII Pada Materi Sistem Tata Surya
Keywords:
Project Based Learning (PjBL), Motivasi Belajar, Sistem Tata Surya.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dengan tugas akhir berupa pameran karya pada materi Sistem Tata Surya di SMP Negeri 38 Semarang. Penelitian ini dilaksanakan pada kelas 7E yang berisi 31 orang pada semester 2 tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan dua pertemuan di masing-masing siklus. Instrumen pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket motivasi, hasil belajar, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan model Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan motivasi belajar pada materi Sistem Tata Surya untuk kelas 7E SMP Negeri 38 Semarang. Pada siklus I, motivasi belajar siswa mencapai 66,82% dengan kategori sedang. Sedangkan pada siklus II, motivasi belajar siswa mencapai 70,13% dengan kategori tinggi.