Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Metode Praktikum Di SMPN 3 Semarang
Keywords:
Aktivitas belajar; Discovery learning; Praktikum.Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa yang disebabkan oleh kurangnya semangat siswa dalam pembelajaran, terdapat beberapa siswa yang mengantuk, kurang merespon pertanyaan yang disampaikan oleh guru, dan belum terjadi suasana aktif dalam kegiatan diskusi sehingga aktivitas belajar siswa selama pembelajaran menjadi kurang maksimal, terutama pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peningkatan aktivitas belajar siswa menggunakan model pembelajarann discovery learning dengan metode praktikum pada pembelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam). Subjek penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII D SMP Negeri 3 Semarang tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 32 anak yang terdiri 20 siswa perempuan dan 12 siswa laki-laki. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama dua siklus dan meliputi empat tahap yaitu: kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Sumber data yang berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan diantaranya wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian pada siklus I, persentase yang didapat dari rata-rata aspek aktivitas belajar siswa sebanyak 61,25 %. Hasil tersebut mengalami peningkatan dibandingkan dengan persentase aktivitas belajar siswa pada prasiklus. Pada siklus II persentase aktivitas belajar siswa mendapat hasil 78,124%, sehingga mengalami peningkatan sebesar 16,87% dari siklus I. Hasil rata-rata persentase aktivitas belajar siswa disetiap aspek terus meningkat pada siklus I dan II. Dari hasil analisis data yang sudah dilakukan, dapat diismpulkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning dengan metode praktikum dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa di dalam kelas.