Implementasi Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas VII C di SMPN 6 Semarang

Authors

  • Az-Zafira Syairul Faizah Universitas Negeri Semarang
  • Budiastuti Budiastuti SMPN 6 Semarang
  • Endah Peniati Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Keaktifan; PTK; PBL; Hasil Belajar; Ekologi.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada peseta didik kelas VIIC SMP N 6 Semarang dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain penelitian yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart, yang terdiri dari 2 siklus dengan masing-masing siklus 3 pertemuan. Tahapan pelaksanaan penelitian setiap siklus terdiri atas 4 tahapan yaitu: (1) perencanaan (2) tindakan (3) observasi dan (4) refleksi. Subjek dalam penelitian adalah peseta didik kelas VIIC SMP Negeri 6 Semarang yang berjumlah 34 orang. Sumber data penelitian ini diperoleh dari data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa lembar observasi guru dan data kuantitatif berupa nilai hasil belajar peseta didik. Berdasarkan hasil penelitian pada materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati di Indonesia pada kelas VIIC menunjukkan peningkatan keaktifan dan hasil belajar yang signifikan. Hal ini terlihat dari peningkatan keaktifan peseta didik pada indikator mengajukan dan menjawab pertanyaan serta rata-rata hasil belajar peseta didik yang mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran PBL dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peseta didik kelas VIIC pada materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati di Indonesia.

Downloads

Published

2024-05-07

Issue

Section

Articles