Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Project Based Learning di Kelas VII-C SMPN 39 Semarang
Keywords:
Hasil Belajar IPA; Model Pembelajaran; Project Based Learning.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPA dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning pada materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati di Indonesia. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, langkah-langkah untuk setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi pada kelas VII-C SMPN 39 Semarang tahun Pelajaran 2023/2024. Berdasarkan data analisis N-Gain diperoleh bahwa terdapat peningkatan hasil belajar pada siklus I sebesar 0,32 dengan kriteria sedang menjadi 0,44 pada siklus II dengan kriteria sedang. Berdasarkan hasil persentase ketuntasan klasikal diketahui bahwa pada siklus I dari 32 peserta didik, 72% peserta didik sudah tuntas dan 28%. Sedangkan persentase ketidaktuntasan sebesar 16% dan persentase peserta didik yang tuntas sebesar 84%. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik kelas VII-C SMPN 39 Semarang.