Peningkatan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas VIII E SMPN 17 Semarang melalui Model Problem Based Learning

Authors

  • Hana Juli Widiastutik Universitas Negeri Semarang
  • Martha Sadiyati SMP Negeri 17 Semarang
  • Stephani Diah Pamelasari Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Keterampilan proses sains; Problem based learning.

Abstract

Keterampilan proses sains memiliki peran yang sangat penting dalam mempersiapkan peserta didik untuk menghadapi tantangan global. Tetapi, berdasarkan hasil observasi di kelas VIII E SMPN 17 Semarang menunjukkan bahwa kemampuan proses sains peserta didik masih rendah. Rendahnya keterampilan proses sains disebabkan peserta didik kurang didorong untuk mengembangkan keterampilan proses sains dan pembelajaran yang dilakukan belum mengoptimalkan indikator-indikator keterampilan proses sains. Maka dari itu, diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik. Model pembelajaran tersebut adalah model pembelajaran problem based learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus pembelajaran. Setiap siklusnya terdiri atas tahapan plan, action, obsevation and evaluation, serta reflection. Data diperoleh dari observasi keterlaksanaan sintaks pembelajaran, observasi keterampilan proses sains, dan tes tertulis keterampilan proses sains. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik kelas VIII E melalui model pembelajaran problem based learning. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus 1 keterampilan proses sains peserta didik berdasarkan hasil observasi sebesar 72,42 dengan kategori tinggi dan meningkat pada siklus 2 menjadi 86,09 dengan kategori sangat tinggi. Berdasarkan hasil tes tertulis keterampilan proses sains peserta didik pada siklus 1 sebesar 70 dengan kategori tinggi dan meningkat menjadi 86,56 dengan kategori sangat tinggi. Diperoleh kesimpulan bahwa terjadi peningkatan keterampilan proses sains peserta didik kelas VIII E SMPN 17 Semarang dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning.

Downloads

Published

2024-05-09

Issue

Section

Articles