Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik apda Pembelajaran IPA Tingkat SMP

Authors

  • Siti Alfiana Zulfa Universitas Negeri Semarang
  • Murbangun Nuswowati Universitas Negeri Semarang
  • Sutomo Sutomo SMP Negeri 40 Semarang

Keywords:

motivasi belajar, pembelajaran IPA, wordwall.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran dengan game wordwall dapat meningkatkan motivasi peserta didik dalam belajar khususnya pada mata Pelajaran IPA. Berdasarkan observasi kurangnya motivasi belajar peserta didik disebabkan karena kurangnya metode pembelajaran yang menarik dan kegemaran peserta didik yang sering bermaian game online pada saat jam kosong maupun ketika jam istirahat, hal ini yang mendasari peneliti untuk membuat penelitian tindakan kelas menggunakan media pembelajaran game wordwall. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 40 Semarang Jl. Suyudono 130 Semarang kelas VII-D yang beranggotakan 31 peserta didik. Metode penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif yang mana dalam tindakan kelas meliputi prapembelajaran, siklus 1 dan siklus 2. Pengumpulan data menggunakan angket pernyataan motivasi belajar yang diberikan pada peserta didik dari pengunaan media pembelajaran game wordwall menghasilkan peningkatan sebesar 17% dari sebelum dilakukan perlakuan sampai pada siklus 1, kemudian pada siklus 2 mengalami meningkatan lagi dengan jumlah 90% dari 31 peserta didik termotivasi setelah penerapan media pembelajaran dengan game wordwall pada pembelajaran IPA.

Downloads

Published

2024-05-12

Issue

Section

Articles