Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Kelas VII B SMP Negeri 2 Semarang melalui Metode Role Playing
Keywords:
Hasil Belajar; Metode Role Playing; Pembelajaran IPA.Abstract
Metode pembelajaran merupakan salah satu komponen yang menentukan keberhasilan pada hasil belajar peserta didik. Namun, fakta di lapangan menyatakan bahwa ketuntasan hasil belajar belum sepenuhnya merata pada masing-masing peserta didik. Hal ini disebabkan karena kurang menariknya metode dan strategi pembelajaran yang diterapkan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII B SMP Negeri 2 Semarang melalui metode bermain peran (role playing) pada mata pelajaran IPA. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan parameter yang diamati adalah persentase ketuntasan yang mengindikasikan hasil belajar peserta didik. Pengambilan data dilakukan melalui penilaian tes tertulis pada setiap siklus. Penelitian dilaksanakan pada kelas VII B SMP Negeri 2 Semarang Tahun Pelajaran 2023/2024. Sampel berjumlah 33 peserta didik yang terdiri dari 13 laki-laki dan 20 perempuan. Penelitian tindakan kelas ini mengacu pada model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus memiliki empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada ketuntasan hasil belajar peserta didik yaitu yang semula hanya 21 menjadi 30. Persentase ketuntasan peserta didik saat siklus I adalah 64% dan meningkat pada siklus II menjadi 85%. Berdasarkan data diatas, diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran dengan metode role playing dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII B di SMP Negeri 2 Semarang pada mata pelajaran IPA materi sistem tata surya.