Penerapan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Discovery Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Kelas VIII A SMP Negeri 15 Semarang
Keywords:
Discovery Learning; Keterampilan Kolaborasi; Lembar Kerja Peserta Didik.Abstract
Hasil observasi dan wawancara pada guru di SMP Negeri 15 Semarang ditemukan kurangnya kemampuan kolaborasi pada peserta didik. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi dengan menerapkan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis Discovery Learning di kelas VIII A SMP Negeri 15 Semarang. Metode penelitian menggunakan model Kemmis & MC Taggart selama dua siklus. Pengumpulan data dilakukan melalui lembar observasi untuk mengamati keterampilan kolaborasi peserta didik. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pra-siklus diperoleh hasil rata-rata keterampilan kolaborasi peserta didik sebesar 41,3 dengan kategori tidak baik, pada siklus I diperoleh hasil rata-rata sebesar 66,5 dengan kategori cukup baik, dan pada siklus II diperoleh hasil rata-rata sebesar 89,7 dengan kategori sangat baik. Adapun n-gain pada pra-siklus ke siklus I sebesar 0,4 dengan kategori sedang dan n-gain pada siklus I ke siklus II sebesar 0,7 dengan kategori tinggi. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penerapan lembar kerja peserta didik berbasis Discovery Learning efektif untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi di kelas VIII A SMP Negeri 15 Semarang.