Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Usaha Dan Energi Kelas VIII F SMP Negeri 34 Semarang
Keywords:
IPA, Hasil Belajar, Problem Based Learning.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik materi Usaha dan Energi selama proses pembelajaran IPA melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII F SMP Negeri 34 Semarang dengan jumlah peserta didik sebanyak 32 dengan rincian peserta didik laki-laki sebanyak 14 dan peserta didik perempuan sebanyak 18. Penelitian Tindakan Kelas ini terdiri dari 2 siklus dimana setiap siklusnya merupakan rangkaian perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, lembar observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII F SMP Negeri 34 Semarang materi Usaha dan Energi. Pada siklus I peserta didik telah mencapai KKTP yaitu 65,62 % (21 siswa yang tuntas) dengan nilai rata-rata 76,87 sedangkan pada siklus II telah mencapai KKTP sebesar 90,62% (29 siswa yang tuntas) dengan rata-rata 85,75. Persentase siswa yang mencapai KKTP pada siklus II yaitu 90,62% menunjukkan bahwa Penelitian Tindakan Kelas ini berhasil.