Peningkatkan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik pada Pembelajaran IPA Kelas VIII SMPN 11 Semarang Melalui Problem Based Learning Berbasis Stem
Keywords:
Keterampilan Kolaborasi; PBL Berbasis STEM; Pembelajaran IPA.Abstract
Kolaborasi merupakan salah satu keterampilan yang harus dimilikioleh individu pada abad 21 saat ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi peserta didik. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII SMP N 11 Semarang pada pembelajaran IPA semester genap tahun ajaran 2023/2024. Penelitian dilakukan dalam tiga siklus dengan metode observasi menggunakan instrumen berupa lembar observasi keterampilan kolaborasi dan angket berupa angket kuisioner penilaian antar teman. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data secara kuantitatif dengan indikator keberhasilan penelitian yang dilakukan yaitu adanya peningkatan keterampilan kolaborasi peserta didik disetiap siklusnya. Hasil observasi menunjukkan bahwa keterampilan kolaborasi peserta didik mengalami peningkatan dari siklus I dengan skor rata-rata 55,04 dengan kategori cukup kolaboratif, siklus II dengan skor rata-rata 69,33 dengan kategori kolaboratif, dan siklus III dengan skor rata-rata 78,77 dengan kategori kolaboratif. Hasil angket keterampilan kolaborasi peserta didik juga mengalami peningkatan disetiap siklusnya yaitu siklus I sebesar 82,80, siklus II sebesar 86,93, dan siklus III sebesar 88,94 yang semuanya masuk dalam kategori sangat kolaboratif. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa implementasi model problem based learning berbasis STEM dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi peserta didik pada pembelajaran IPA.